Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) merupakan program bantuan pembangunan infrastruktur perdesaan yang diarahkan untuk mendorong peningkatan perekonomian perdesaan. PPIP dilaksanakan secara partisipatif dimana masyarakat dapat memilih infrastruktur yang diinginkan. Dengan pendekatan partisipatif, prioritas infrastruktur bergantung pada kemampuan masyarakat dalam memilih. Penelitian ini bertujuan untuk melihat keterkaitan dan dampak PPIP yang telah dipilih masyarakat terhadap pertumbuhan ekonomi kawasan perdesaan.

Menindaklanjuti Program Pembangunan Infrastruktur Perdesaan (PPIP) yang telah disusun oleh PEMDES dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) tahun 2016 – 2022. Dalam pelaksanaannya akan di laksanakan MUSDES setiap tahun untuk menentukan apa saja yang akan dibangun untuk tahun depan. Untuk itu Desa Air Batu Kecamatan Tabir Ilir Kabupaten Merangin, membangun infrastruktur berdasarkan MUSDES tahun 2018 diantaranya :

  1. Pembangunan Lapangan Bola Volly 
  2. Pembangunan Drainase TK Tunas Mulya
  3. Pembangunan Drainase RT 019 Dusun III (Dusun Tirto Mulyo)
  4. Pembangunan Pondasi Box Culvert
  5. Pendataran Lapangan Bola Kaki
  6. Pembangunan Lapangan Joging

 

  • Pembangunan Lapangan Bola Volly

Pembangunan lapangan bolla volly telah selesai atau rampung di kerja kan dengan tingkat biaya Rp. 68.500.000 (Enam puluh delapan juta lima ratus ribu rupiah). Pembangunan dilaksanakan dalam jangka waktu 14 hari yang mana telah disepakati  antara Tim Pelaksanan Kegiatan (TPK) dengan Kepala tukang  dengan perjanjian kontrak kerja. Lokasi yang akan dibangun lapangan bola volly berada di dusun III tanah milik Desa. Karena calon lokasi pembangunan lapangan bola volly berada di belakang komplek pemerintahan desa yang sebelumnya telah di tanami oleh pohon kelapa sawit maka untuk menumbangkan serta mendatarkan tanah diperlukan alat berat sehingga TPK perlu mendatangkan alat berat yang mana TPK harus bekerja sama dengan Pemilik Rental Alat Berat.

       

 

  • Pembangunan Drainase TK Tunas Mulya dan Drainase  RT 019 Dusun III (Dusun Tirto Mulyo)

Drainase yang berasal dari bahasa inggris drainage yang berarti mengalirkan, membuang atau mengalihkan air. Secara umum drainase dapat didefinisikan sebagai serangkaian bangunan air yang berfungsi untuk mengurangi atau membuang kelebihan air dari suatu kawasan atau lahan, sehingga lahan dapat difungsikan secara optimal. Dalam hal ini pembangunan Drainase TK Tunas Mulya bertujuan untuk mencegah bajir dan masuk keruang pembelajaran jika musim hujan turun sedangkan pembangunan Drainase RT 019 Dusun III (Dusun Tirto Mulyo) bertujuan agar air tidak menggenang serta melancarkan aliran air agar tidak meluap kejalan saat musim hujan tiba.

Pembangunan Drainase TK Tunas Mulya tersebut telah selesai dikerjakan dengan tingkat biaya Rp. 9.000.000 (Sembilan juta rupiah) sedangkan untuk pembangunan Drainase RT 019 Dusun III dengan tingkat biaya Rp. 40.000.000 (Empat puluh juta rupiah) menggunkan dana silpa tahun 2018.

Foto dokumentasi pembangunan drainase TK Tunas Mulya

 

Foto dokumentasi Pembangunan Drainase RT 019 Dusun III

 

  • Pembangunan Pondasi Box Culvert

Box culvert adalah gorong-gorong cor di pabrik ataupun dicor di tempat, dimensi tergantung kepada debit air yang akan dialirkan melalui gorong gorong.  Box culvert dipakai untuk mengalirkan air melewati bawah jalan, box culvert sifatnya yang kedap terhadap air tanah sehingga sangat cocok digunakan pada konstruksi bawah tanah. Sehingga dapat menggantikan gorong-gorong yang lama yang telah ambrol terkikis aliran air yang mengalir.

Pembangunan pondasi Box Culvert tersebut dikerjakan dengan tingkat biaya Rp. 57.500.000 (Lima puluh tujuh juta lima ratus ribu rupiah).

Foto dokumentasi Pembangunan Pondasi Box Culvert

 

  • Pendataran Lapangan Bola Kaki

Lapangan bola kaki pada umumnya mempunyai ukuran  Panjang : 90 – 120 meter dan Lebar lapangan : 45 – 90 meter, lingkar tengah : radius 9,5 meter, Panjang kotak pinalti : 16,5 meter, jarak tendang pinalti : 11 meter, Panjang area gawang : 18,32 meter, Lebar area gawang : 5,5 meter, Tinggi gawang : 2,4 meter, Lebar barang : 7,3 meter. Tujuan pendataran lapangan adalah agar lebih datar atau rata keseluruhannya sehingga dapat digunakan saat bermain lebih nyaman selain itu supaya lebih lebar sedikit untuk membuat joging track keliling lapangan.

        

Foto dokumentasi Pendataran lapangan

 

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *