MTQ adalah singkatan dari Musabaqah Tilawatil Qur’an alias lomba membaca Al Qur’an.

Tapi tidak semua orang tahu kalau dalam pelaksanaannya, MTQ ternyata tidak semata lomba membaca Al Qur’an tetapi ada perlombaan lainnya.

Di Indonesia yang penduduknya mayoritas muslim istilah MTQ memang sudah sangat familiar ditelinga masyarakat. Setahun sekali MTQ diadakan secara rutin. Bahkan ada MTQ antar instansi / badan / perusahaan yang waktunya tidak berdasarkan periode tahunan, bisa kapan saja.

MTQ lazimnya dilaksanakan Berjenjang dari yang terendah (RT / RW dan Desa / lurah), tingkat kecamatan, tingkat kabupaten, tingkat propinsi sampai ketingkat Nasional untuk menentukan utusan daerah tersebut di tingkat di daerah atasannya.

Cabang dan golongan dalam MTQ juga banyak. Untuk golongan, ada namanya golongan (tingkat) anak-anak remaja, dan dewasa. Sedangkan cabang-cabang lomba dalam MTQ juga beragam ada Tilawah, tartil, fahmil, syarhil, dan khattil (Qur’an). MTQ tampaknya akan terus berkembang dalam hal cabang-cabang yang akan diperlombakan.

MTQ ke – 2 tingkat Desa, Desa Air Batu telah dilaksanakan pada tanggal 03 – 07 April 2019 yang mana cabang-cabang perlombaan sebagai berikut :

  1. Lomba Al-Barzanji Remaja dan Dewasa
  2. Lomba Tartil Usia 4 – 9 Tahun
  3. Lomba Tartil Usia 10 – 14 Tahun
  4. Lomba Tartil Usia 14 – 18 Tahun
  5. Lomba Pengurusan  Jenazah Putra dan Putri
  6. Lomba Tahfidz Usia 4 – 9 Tahun
  7. Lomba Tahfidz Usia 10 – 13 Tahun
  8. Lomba Tahfidz Usia 14 – 18 Tahun
  9. Lomba Tilawah Umum
  10. Lomba Cerdas Cermat (LCC)
  11. Lomba Rebana.

 

 

 

 

Kategori: Kegiatan Desa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *